ARTICLES HOME | ARTICLES | CATEGORY | POLA MAKAN | SOLUSI ANAK SUSAH MAKAN

SOLUSI ANAK SUSAH MAKAN

Administrator   22 April 2015 | 06.25

1 comments | 633 views | 0 Likes

 

Jika si kecil termasuk anak susah makan, jangan khawatir, Bu. Menjadi pemilih makanan merupakan sebuah fase yang dilalui oleh hampir setiap anak. “Reaksi penolakan yang ditunjukkan oleh si kecil saat makan, umumnya terjadi akibat stress waktu makan yang tidak semestinya (misalnya: stres akibat paksaan atau ancaman hukuman dari orangtua bila si kecil tidak mau makan),” ujar dr. Nina Amelia Gunawan dari meetdoctor.com.

Padahal, dengan mengenali terlebih dahulu apa penyebab anak susah makan, Ibu dapat dengan mudah menyiasati dan menyusun strategi untuk mengatasinya. Berikut beberapa alasan yang membuat anak susah makan dan memilih-milih makanan :

  1. Anak sedang mengalami fase menunjukkan diri

Ada masa di mana si kecil ingin melakukan segalanya sendiri, termasuk menentukan pilihannya sendiri. Fase ini dapat terlihat saat si kecil mulai memilih makanan dan cenderung menolak berbagai makanan yang disediakan oleh ibu. Bisa jadi, penyebabnya karena makanan yang disediakan tak sesuai keinginannya.

Dalam mengatasi anak susah makan, Ibu tidak perlu memaksa si kecil untuk makan makanan yang ditolaknya saat itu. Tapi buatlah strategi agar si kecil mau makan, misalnya dengan menambahkan beberapa sayuran dengan warna berbeda. Cara ini bisa menarik perhatian si kecil untuk mencoba makanan tersebut. Cara lain, sebelum menyiapkan makanan, cobalah bertanya lebih dulu pada si kecil, makanan apa yang ia inginkan. Jika memungkinkan, ajak si kecil untuk ikut serta mengolah makanan.

  1. Tidak menyukai rasa tertentu

Ketika si kecil sudah bisa merasakan dan membedakan makanan yang enak dan tidak enak, indera perasanya sudah semakin berkembang. Untuk mengatasi anak susah makan dengan alasan rasa makanan tidak enak, Ibu dapat lebih mengenali rasa yang disukai si kecil. Apakah si kecil lebih suka rasa asin atau manis? Olah makanan sesuai dengan rasa favorit si kecil, misalnya jika si kecil lebih suka rasa asin dan gurih, ibu bisa memperbanyak olahan sayur dengan rasa gurih, seperti sop ayam dibanding mengolahnya menjadi semur ayam. Dengan begitu, nafsu makan si kecil akan meningkat.

  1. Anak susah makan karena tidak lapar

Setelah melampaui usia setahun, pertumbuhan tubuh anak tidak lagi berlangsung secepat pertumbuhan bayi. Sehingga, selera makannya pun tidak lagi setinggi sebelumnya. Jika Ibu merasa khawatir si kecil akan kurang gizi, pastikan bahwa si kecil akan mengonsumsi cukup makanan. Makan dalam jumlah sedikit tidak masalah, tapi usahakan membuat si kecil lebih sering makan. Selain itu, ada baiknya membiasakan si kecil makan ketika ia merasa lapar. Saat lapar, si kecil biasanya akan lebih mudah menerima makanan. Menurut dr. Nina, Ibu  juga dapat memberikan camilan berupa sari buah atau buah-buahan bersama biskuit yang tidak manis, sebagai menu selingan antara waktu makan. Makanan kecil juga dapat diberikan sewaktu pulang sekolah untuk menambah energi untuk bermain.

  1. Suasana makan yang tidak nyaman

Beberapa anak akan merasa tidak nyaman, saat makan di meja makan dengan suasana kaku.Apalagi, jika si kecil termasuk aktif dan sulit berdiam diri. Ibu dapat mencoba untuk menciptakan suasana makan yang santai dan menyenangkan. Jika si kecil ingin makan sendiri, biarkan ia makan sendiri, meski akan ada makanan yang tercecer. Selama ia merasa nyaman, ia akan lebih mudah makan. Pastikan juga, jam makan malam si kecil tidak terlalu malam, di mana si kecil sudah rewel dan lelah ya, Bu. 

  1. Penyajian makanan yang membosankan

Penyebab lain anak susah makan adalah kurangnya variasi dalam penyajian makanan. Memberikan nama pada suatu makanan yang akan membuat si kecil berimajinasi dan tertarik untuk mencobanya. Daripada hanya menyebut makanan dengan nama aslinya, cobalah menyebutnya sebagai makanan super dengan manfaat yang baik untuk kesehatan si kecil. Ajak juga si kecil untuk melihat-lihat buku resep dan untuk memilih sendiri makanan yang ingin dikonsumsinya, tentunya yang bergizi.

Peneliti di Universitas Cornell menyatakan, bahwa penyebutan nama sayuran sangat penting dalam mengatasi anak susah makan. “Anak susah makan akan lebih tertarik memakan wortel, yang disebut sebagai wortel untuk penglihatan super, daripada sekedar wortel saja.” Gunakanlah imajinasi Anda sebagai cara mengatasi anak susah makan.

Dari semua cara mengatasi anak susah makan yang sudah disebutkan, menyulap tampilan makanan adalah salah satu trik efektif, agar si kecil mau makan. Beberapa ide resep makanan anak sehat yang tampil dalam rupa yang unik berikut ini dapat membantu Ibu mengatasi anak susah makan.

  1. Salad mentimun berbentuk pita

Cara membuatnya sederhana saja, Bu. Cukup dengan mengupas ujung-ujung mentimun berukuran sedang kemudian belah dua di tengah sebelum dikupas menjadi ukuran panjang yang mengeriting. Campurkan dengan cuka beras, minyak canola, madu, garam dan merica untuk saus sehatnya ya, Bu.

  1. Brokoli berbentuk kelinci

Ibu dapat mengukus tiga mangkuk kembang brokoli selama lima menit lalu campurkan dengan air perasan jeruk, minyak canola, sesiung bawang putih tumbuk, garam dan merica. Tata agar brokoli membentuk kepala kelinci di atas piring.

  1. Sup merah pekat dari paprika merah panggang

Tumbuk halus 12 ons paprika merah manis yang diawetkan dalam air. Tiriskan airnya lalu panggang paprika, haluskan dengan satu siung bawang putih. Panaskan bubur tumbuknya dengan kaldu ayam rendah sodium serta pasta tomat selama lima menit. Campurkan dengan madu, garam, kemangi dan merica dan jadilah sup hangat yang sehat dengan warna menarik.

  1. Ganti kentang goreng dengan wortel goreng

Iris-iris memanjang wortel dengan lebar ½ inci menggunakan parutan kentang yang mengeriting agar mendapatkan efek kentang yang bergerigi. Campurkan dengan minyak zaitun, timi yang dikeringkan serta garam secukupnya. Panggang pada suhu 400 F (205 C) di oven selama 15 hingga 20 menit hingga melunak dan sajikan.

  1. Kue sayuran

Campurkan setengah dari adonan kue dengan putih telur dan 3 sendok makan air. Campurkan dalam mangkuk dengan zukini parut dan sayuran lain yang jadi pilihan si kecil kemudian goreng adonan dalam minyak canola selama 2 menit, bolak-balik hingga kecokelatan.

  1. Campuran jagung

Tumis paprika merah dan hijau dalam minyak canola, panas sedang selama 3 menit. Tambahkan jagung beku sebanyak 1 ½ mangkuk dan masak selama 2 menit. Aduk dengan bubuk cabai, garam dan daun cilantro segar.

  1. Sup labu

Campurkan labu dengan ½ mangkuk takar bawang bombay dengan minyak zaitun, masak selama 4 menit hingga lunak. Masukkan buah labu yang sudah dihaluskan bersama dengan kaldu ayam, secangkir air, bubuk kari dan garam, lalu panaskan. Tambahkan selai kacang untuk tambahan rasa serta yogurt ya, Bu.

Selamat mencoba, Bu! (PA)

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan, dokter umum (tim Meet Doctor)


Silahkan isi komentar anda dibawah.

ARTIKEL TERPOPULER
MINGGU INI

4 MANFAAT TELUR UNTUK OTAK ANAK

NEWSLETTER

DAPATKAN INFORMASI DAN,
PROMO TERBARU KAMI!
KEMBALI
KE ATAS